Kereta Maya akan membawa Anda ke semua tempat terbaik di Yucatán.

Topautopay.com – Kereta Maya adalah sarana transportasi yang memungkinkan Anda untuk menelusuri tempat-tempat terbaik di Yucatán dengan mudah dan nyaman. Dari situs arkeologi yang spektakuler hingga pantai-pantai indah, Kereta Maya akan membawa Anda ke destinasi-destinasi terbaik di daerah ini. Jelajahi Yucatán dengan Kereta Maya sekarang!

Saya turun dari peron di stasiun kereta Maxcanú baru yang berkilauan, ingin sekali melihat situs arkeologi Maya yang megah di Uxmal. Yang saya butuhkan hanyalah taksi untuk membawa saya ke sana, perjalanan sekitar 30 mil.

Tidak ada taksi, kata kepala stasiun, karena kami berdiri di lantai batu kapur yang dipoles di stasiun dengan langit-langit tinggi, yang sejuk dan lapang meskipun matahari pagi cerah di luar. Saya adalah orang ketiga dalam dua minggu yang turun dari Maxcanú dan berharap bisa sampai ke Uxmal, katanya.

Bacaan Lainnya

Saya sedang dalam perjalanan lima hari untuk menjelajahi kereta Maya yang baru dan beberapa tujuannya di Semenanjung Yucatán, Meksiko. Dirancang untuk menempuh jarak 965 mil (1.554 kilometer) dalam putaran 34 stasiun ketika selesai, kereta ini akan membawa penumpang dalam kenyamanan sejuk melalui kota-kota kolonial, situs arkeologi, resor dangkal, dan hutan tropis.

Sekarang saya tercengang. Menemukan taksi tidak pernah menjadi masalah di Meksiko. Namun para pengemudi yang berkumpul di alun-alun utama Maxcanú hanya menawarkan van-van usang yang melintasi kota-kota kecil, tempat saya mungkin atau mungkin tidak menemukan taksi ke Uxmal. Van berikutnya berangkat dalam 45 menit.

Lapisan sejarah Yucatán telah lama membuat saya terpesona. Dalam perjalanan darat sebelumnya, saya pernah mendaki kuil dan istana Maya yang terbengkalai, memasuki bagian tengah gereja-gereja raksasa abad ke-16 yang sejuk, dan mengunjungi haciendas yang telah dipugar, yang merupakan bukti keangkuhan—dan kesulitan—ekonomi perkebunan abad ke-19 di semenanjung itu. Bepergian dengan kereta api, menurut saya, akan memungkinkan saya menggali lebih dalam sejarah itu.

Namun seperti yang saya temukan di Maxcanú, kereta belum tentu membawa Anda ke tempat yang Anda inginkan.

Selama perjalanan saya di bulan Februari, saya menempuh satu-satunya rute yang tersedia, bagian timur-barat yang dibuka pada bulan Desember dari Cancún ke Mérida, lalu ke selatan melalui kota pelabuhan Campeche ke situs Maya Palenque (rute pendek antara Cancún dan Playa del Carmen dibuka bulan lalu, dengan tiga kereta sehari). Saya mengalami kebingungan penjadwalan, stasiun yang tidak lengkap, dan kurangnya kereta — hanya dua kereta setiap hari di setiap arah antara Cancún dan Campeche, dan hanya satu kereta ke Palenque. Penginapan dan kereta makan khusus sepertinya masih bertahun-tahun lagi.

Presiden Andrés Manuel López Obrador menganggap Kereta Maya sebagai proyek pengembangan andalannya dan ingin meresmikan sisa kereta tersebut sebelum ia meninggalkan jabatannya pada 1 Oktober. Berdasarkan pengalaman saya, tujuan tersebut tampaknya tidak mungkin tercapai.

Saya memulai perjalanan saya di Cancun, di mana dalam kegelapan menjelang fajar, stasiun tersebut melayang seperti pesawat luar angkasa yang bersinar. Petugas memindai tiket yang kubeli secara online dan setengah lusin lagi mengarahkanku ke mobil kelas ekonomiku, yang isinya sekitar seperempat penuh. Saya berencana pergi ke Campeche, sekitar 300 mil jauhnya, berhenti sekali sehari. Dengan kecepatan 120 kilometer (sekitar 75 mil) per jam, kereta api menempuh rute tersebut dalam waktu sekitar enam jam, sama dengan waktu yang ditempuh mobil. (Saat pembangunan selesai, kecepatan kereta akan meningkat menjadi 160 kilometer per jam.)

Jendela mobil yang lebar menghadap ke tembok hutan yang rendah. Kursi biru dan hijau nyaman dan ada banyak ruang antar baris. Saya membeli cappuccino yang sangat enak di restoran, tetapi saya menolak sandwich di dalam kotak plastik. Barang-barang lainnya berupa cangkir buah, karton susu, dan junk food.

Kereta api tersebut pada akhirnya akan menelan biaya lebih dari perkiraan 29 miliar dolar, dan ini bukan pertama kalinya para perencana ambisius mendarat di wilayah tersebut. Cancún dulunya adalah desa nelayan kecil, yang dipilih sebagai pusat wisata setengah abad yang lalu. Tahun lalu, 10 juta turis internasional terbang ke bandaranya, lebih banyak dari gabungan bandara Mexico City, Los Cabos, dan Puerto Vallarta.

Namun pertumbuhan yang tidak terkendali telah memperburuk lingkungan yang rapuh di pesisir Karibia. Kereta api Maya, para ilmuwan memperingatkan, akan mendorong permasalahan tersebut ke selatan, mengancam pasokan air di wilayah tersebut, sistem gua batu kapur bawah tanah yang unik, dan cagar alam yang luas di wilayah tersebut.

Tuan López Obrador melanjutkan, menyerahkan kereta tersebut kepada militer dan mengklaim bahwa hal itu akan memperluas kekayaan Cancún dan menarik pengunjung baru. Tahun lalu, Meksiko menerima lebih dari 42 juta wisatawan asing yang menghabiskan hampir 31 miliar dolar.

Pemerintah daerah melihat adanya peluang. “Kereta ini akan memungkinkan orang untuk menyebar ke seluruh semenanjung,” kata Michelle Fridman, sekretaris pariwisata negara bagian Yucatán, yang mempromosikan lusinan objek wisata selain landmark seperti Mérida dan Chichén Itzá.

Kini setelah kereta tersebut beroperasi, perusahaan transportasi akan mulai menghubungkan stasiun-stasiun dengan tempat-tempat yang kurang dikenal di dekatnya, katanya.

Wajar jika ditanyakan apakah kereta api merupakan cara paling efisien untuk mengembangkan pariwisata semenanjung. Perusahaan tur sudah mengatur perjalanan ke banyak tempat dari kota-kota besar, yang dilayani dengan baik oleh bus. Mengendarai mobil sewaan melewati sebagian besar wilayah dianggap aman, menurut pedoman perjalanan Departemen Luar Negeri AS.

Butuh waktu dua jam (dan satu perubahan zona waktu) untuk sampai ke Valladolid, kota kolonial dengan jalanan indah dan gereja tua, tempat saya membeli sisa tiket di stasiun. Tiket kelas ekonomi dari Cancún ke Valladolid berharga 472 peso (sekitar $28) untuk orang asing dan 355 peso (sekitar $21) untuk orang Meksiko. Kelas satu, dengan kursi lebih lebar, berharga 755,50 peso dan 566,50 peso, dengan diskon tersedia untuk penumpang lanjut usia dan penduduk lima negara bagian di sepanjang rute kereta. (Bus kelas satu dari pusat Cancún ke Valladolid berharga antara 222 dan 344 peso, tergantung waktu, dan memakan waktu setengah jam lebih lama.)

Tidak mungkin untuk memperkenalkan jalur kereta Maya baru ke pusat kota yang padat, dan stasiun di Valladolid, seperti stasiun lainnya, berada di luar pusat kota. Sebuah bus yang menunggu membawa penumpang yang turun ke pusat kota, perjalanan 15 menit dengan biaya 35 peso.

Hari itu saya mengunjungi Ek Balam, situs Maya abad kesembilan yang didominasi oleh istana setinggi 100 kaki yang disorot oleh fasad dengan ukiran yang menggambarkan prajurit bersayap, garis binatang bergaya, dan pola geometris yang dibatasi taring besar. Tiket masuk ke situs ini termasuk masuk ke cenote X-Canché, salah satu dari ribuan lubang runtuhan batu kapur yang disakralkan bagi suku Maya.

Sore harinya, saya sedang berjalan-jalan di Museum Pakaian Etnik, yang merupakan koleksi pribadi kostum tradisional, sulaman dan topi, ketika pesan WhatsApp dari kasir muncul di ponsel saya. Kereta saya yang dijadwalkan untuk hari berikutnya dibatalkan.

Saya memutuskan untuk menyelesaikan masalah di pagi hari dan menikmati kota. Saat saya berjalan melewati toko barang antik dan hotel butik di Calzada de los Frailes yang elegan, terlihat jelas bahwa pariwisata di Valladolid dan infrastruktur untuk mengelolanya sudah mapan. Kereta Maya hanyalah cara alternatif untuk mencapai kota yang ditemukan wisatawan beberapa tahun lalu.

Pagi harinya saya mengetahui bahwa kereta saya tidak dibatalkan, tetapi stasiun tempat saya memiliki tiket, Tixkokob, tutup. Sebaliknya, saya turun satu pemberhentian lebih awal di Izamal, yang terkenal dengan jalan-jalan berwarna oker dan biara Fransiskan raksasa di San Antonio de Padova, yang dibangun di atas reruntuhan piramida.

Selama 90 menit perjalanan, saya mendengar antusiasme yang meluas di antara sesama penumpang yang menyatakan kesediaannya memberikan waktu kepada kereta untuk memecahkan teka-teki tersebut. “Kami adalah sebuah eksperimen,” kata Oliva Escobedo Ochoa, 64, yang sedang berlibur dari rumahnya di Meksiko tengah.

Leticia Iliassich (57), warga Meksiko, bepergian bersama suaminya yang berkewarganegaraan Kroasia bersama kerabatnya dari Meksiko dan Kroasia. Awalnya mereka direncanakan naik kereta sebelumnya ke Mérida yang dibatalkan. “Kami tahu itu adalah proyek baru,” katanya. “Kami tidak keberatan.”

Grup tersebut telah mengirimkan video ke teman-temannya yang menyatakan, “Kami ada di Tren Maya!”

Di stasiun Izamal, saya menumpang selama 15 menit ke pusat kota bersama seorang pria yang meminta saya untuk mengambil foto dirinya bersama kereta dan ayahnya. Dari sana saya naik taksi ke Hacienda San Lorenzo Aké, sebuah hacienda aktif yang masih mengubah serat dari tanaman agave yang disebut henequén menjadi tali kasar. Permintaan global akan henequén, yang dikenal sebagai “emas hijau” Yucatán, mendatangkan kekayaan luar biasa bagi kawasan ini pada pertengahan abad ke-19, yang tersebar di semenanjung ini dengan lebih dari 1.000 hacienda. (Banyak yang sekarang menjadi hotel mewah.)

Pada hari ketiga saya terjebak di Maxcanú, setelah naik kereta selama 90 menit dari Izamal. Kepala stasiun, seorang kapten tentara, menawariku tumpangan ke Uxmal, sama seperti yang dia lakukan pada turis-turis yang terdampar sebelum aku.

Melihat penjualan tiket terakhir Uxmal pada jam 4 sore, saya menerimanya.

Situasi saya memperjelas betapa jauhnya janji kereta Maya bagi wisatawan yang ingin menjelajahi Yucatán lebih jauh. Hal ini akan berubah seiring berjalannya waktu, kata Ibu Fridman, Sekretaris Pariwisata. “Idenya adalah untuk memiliki lebih banyak hotel di sepanjang jalur kereta api,” katanya. “Itu akan terjadi sedikit demi sedikit.”

Tapi Uxmal, salah satu tempat terindah di Maya, menutupi ketidaknyamanan ini. Bangunan-bangunan megah di Uxmal ditutupi dengan topeng dan jalur dekoratif yang rumit di mana geometri, alam, dan keilahian menyatu. Panel baru di setiap struktur menawarkan informasi rinci dalam bahasa Inggris dan Spanyol, yang merupakan bagian dari investasi pemerintah dalam meningkatkan tampilan di situs Maya untuk proyek kereta api.

Sebagian besar wisatawan melakukan perjalanan sehari dengan mobil atau bus ke Uxmal dari Mérida atau menginap di salah satu dari tiga hotel terdekat. Ketika saya selesai makan malam di hotel saya, ruang makan mulai terisi: 47 turis Polandia telah tiba.

Rencana saya hari itu adalah naik taksi ke Bécal, sebuah kota tempat topi Panama ditenun di gua batu kapur agar seratnya tetap lembut, lalu naik kereta sore di dekat Calkiní ke kota pelabuhan Campeche.

Namun saya menghabiskan begitu banyak waktu menonton demonstrasi pembuatan topi dan kemudian memasang topi baru saya dan membeli hadiah sehingga kami hanya mempunyai sedikit waktu untuk sampai ke stasiun. Sayangnya bagi saya, saya ketinggalan kereta, yang terakhir hari itu.

Di alun-alun pusat Calkini saya menemukan sebuah van menuju Campeche. Harga: 65 peso. Waktu: sekitar 1 jam 20 menit, mirip dengan waktu yang saya habiskan di kereta. Tentu saja, saya terjebak di kursi yang sempit dan harus mendengarkan balada sentimental pilihan pengemudi, tetapi mereka menurunkan saya di pusat Campeche, dekat hotel saya.

Keesokan harinya saya mengunjungi Museum Arkeologi Maya, sebuah koleksi yang dikurasi secara ahli yang mencakup topeng penguburan batu giok yang menakjubkan, mesin terbang, dan patung keramik yang halus.

José Madrigal, 45, seorang insinyur dari Fremont, California, mencoba membuat tembikar Maya menarik bagi putra kembarnya. Mereka baru berusia 5 tahun dan hadiah ulang tahun mereka adalah naik kereta Maya. “Mereka menyukai kereta api,” kata Mr. Madrigal. Kemudian keluarga itu melanjutkan perjalanan, melanjutkan perjalanan cepat melintasi museum. Mereka harus naik kereta lain.

Ya, jika Anda bepergian antar stasiun besar. Kereta juga menawarkan cara untuk mencapai Palenque, yang lebih sulit diakses dan memiliki jalan yang bermasalah dengan keselamatan. Penumpang dapat memasukkan sepeda ke dalam pesawat.

Untuk melihat waktu kereta, periksa tujuannya di situs web. Anda tidak dapat membeli tiket secara online lebih dari seminggu sebelumnya. Namun ketika Anda akhirnya naik ke kapal, perjalanannya lancar — dan kopinya luar biasa.

Ikuti Perjalanan New York Times di Instagram dan daftar ke buletin Travel Dispatch mingguan kami untuk mendapatkan tips dan inspirasi perjalanan ahli untuk liburan Anda berikutnya. Apakah Anda memimpikan liburan di masa depan atau hanya bepergian dengan kursi berlengan? Lihat 52 tempat untuk dikunjungi pada tahun 2024.

Kereta Maya adalah metode transportasi yang nyaman dan efisien untuk menjelajahi Yucatán. Dengan rute yang melintasi berbagai tujuan wisata utama seperti Chichen Itza, Valladolid, dan Merida, Anda akan dapat menikmati keindahan dan keajaiban Yucatán dengan mudah dan lancar. Berpetualanglah dengan Kereta Maya dan temukan semua yang Yucatán tawarkan!